Senin, 20 Juni 2016

Penyebab Meningitis yang dapat Anda Ketahui

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu mengenai jenis penyakit yang satu ini yaitu meningitis.  Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai penyebab penyakit meningits yang dapat Anda ketahui. Penyakit miningitis merupakan salah satu penyakit yang saat ini perlu di waspadai. Seperti yang kita tahu pada beberapa bulan yang lalu salah satu artis komedia  Olga Syaputra  telah meninggal karena disebabkan oleh penyakit miningitis atau radang selaput otak. Penyakit in disebabkan oleh virus dan beberapa bakteri. Virus dan bakteri tersebut secara umum tidaklah berbahaya namun jika di biarkan tanpa melakukan pengobatan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan korban.  Penyakit meningitis sendiri memiliki tiga jenis yaitu
  1. Meningitis Viral : Penyakit meningitis viral biasanya disebabkan oleh penyakit serius dengan kondisi yang parah penyakit meningitis jenis viral ini dapat menyebabkan panas berkepanjangan yang disertai dengan kejang – kejang.
  2. Meningitis Bakteri : Penyakit meningitis bakteri ini sangat tidak bisa dianggap sepele karena penyakit meningitis bakteri ini langsung menyerang pada otak yang menyebabkan kerusakan otak dan keluhan tubuh yang bisa berlanjut pada kematian, Penyakit meningitis ini biasanya disebabkan oleh bakteri. Tapi untuk penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri cenderung lebih berbaya diabandingkan yang disebabkan oleh virus. 
  3. Meningitis Jamur: Penyakit meningitis yang disebabkan oleh jamur ini jarang sekali terjadi karena jenis ini biasanya hanya di derita oleh pasien yang menderita kerusakan daya tahan tubuh / sistem immun seperti hal nya penderita AIDS.

Adapaun gejala penyakit meningitis sendiri adalah gejala penyakit meningitis umumnya sama seperti dengan penyakit yang lainnya. Diantaranya sering sakit kepala, mual, muntah dan badan terasa sakit. Ketika penyakit meningitis semakin parah maka gejala yang menyertai adalah sering mengantuk, leher terasa kaku, sangat sensitif terhadap cahaya hingga mengalami kejang-kejang. Berikut ini akan kami jelasakan mengenai beberapa penyebab penyakit meningitis yang dapat Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

Bakteri Meningitis
Bakteri meningitis akut biasanya terjadi setelah bakteri tersebut masuk di dalam aliran darah dan bermigrasu ke dalam otak dan sumsum tulang belakang. Selain melalui proses tersebut juga bisa terjadi secara langsung dengan menyerang meninges sebagai akibat dari infeksi telinga atau sinus atau parah tulang tengkorak.

Streptococcus pneumoniae (pneumococcus)
Ini merupakan salah satu jenis bakteri yang lebih umum menyerang dan menyebabkan penyakit meningitis pada bayi atau anak. Jenis bakteri yang satu ini selain dapat menyebabkan penyakit meningitis juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi radang tenggorokan (pneumonia), atau tongga hidung(sinus).

Neisseria meningitidis (Meningococcus)
Bakteri kedua yang dapat berakibat menyebabkan penyakit meningitis adalah Neisseria meningitidis (Meningococcus). Biasanya bakteri ini awalnya akan menginfeksi pada saluran pernapasan dan kemudian memasuki aliran darah. Bakteri  ini umumnya menginfeksi pada anak remaja dan memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi. Salah satu untuk mencegah penularan bakteri ini dapat dilakukan dengan cara melakukan vaksin.

Nah itulah beberapa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit meningitis yang dapat Anda ketahui. Penyakit meningitis dapat disebbakan oleh non infeksi atau yang disebut dengan meningitis aseptik atau disebabkan bukan karena terinfeksi oleh bakteri melainkan disebabkan oleh virus. Sekian semoga dengan penjelasan kali ini dapat menambah pengetahuan terkait penyebab penyakit meningitis.
Read Also

http://dbagus.com/tempat-buka-puasa-di-bandung-paling-favorit
http://dbagus.com/inilah-menu-diet-saat-puasa-ramadhan
http://dbagus.com/fakta-fakta-menarik-tentang-mimpi
http://dbagus.com/tips-tampil-cantik-dan-fresh-selama-bulan-ramadhan
http://dbagus.com/manfaat-puasa-untuk-kesehatan-tubuh
http://dbagus.com/makanan-yang-harus-dihindari-selama-berpuasa
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar